Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok Pada Saat Tidur


Ada beberapa cara menghilangkan kebiasaan ngorok pada saat tidur. Ngorok atau yang biasa disebut  mendengkur merupakan gangguan yang sudah umum terjadi. Hal ini biasanya sangat mengganggu, terlebih pada orang yang sudah memiliki pasangan. Bukan hanya yang muda, orang usia lanjut paling rentan mendengkur. Sekitar sepertiga dari orang usia 55-84 tahun mengalami gangguan ngorok. Inilah tips untuk menghentikan Ngorok:

1. Mengubah posisi tidur dengan menyamping
Orang akan cenderung mendengkur ketika tidur telentang (kepala menghadap atas), sedangkan tidur tengkurap (kepala menghadap bawah) akan membuat leher dan napas tersiksa selama tidur. Cobalah untuk tidur menyamping untuk menghentikan ngorok.

2. Menghindari alkohol dan obat tidur
Alkohol dan obat tidur dapat menekan sistem saraf pusat dan relaksasi otot-otot leher dan rahang, yang membuat orang lebih mungkin mendengkur. Kedua zat ini juga dikenal menyebabkan gangguan tidur sleep apnea, yaitu kondisi berbahaya yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

3. Mengurangi berat badan
Kelebihan berat badan terutama di bagian leher, akan memberikan tekanan pada sistem pernapasan, yang menyebabkan pengurangan parsial dan ngorok saat tidur. Sedikitnya kurangi 10 persen berat badan untuk mengurangi atau menghilangkan dengkur. Sebab jaringan leher orang yang kelebihan berat badan, biasanya tebal. Itu memungkinkan munculnya resiko mendengkur.

4.
Hirup Uap Air Sebelum Tidur
Hidung tersumbat dapat menyebabkan mendengkur. Salah satu cara mengatasinya adalah menghirup dalam-dalam uap air melalui hidung sebelum tidur, sehingga hidung terasa longgar. Bisa juga dengan meletakkan handuk basah air hangat dan menghirup uapnya untuk menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat.

5.  Berhenti merokok
Merokok dapat membahayakan sistem pernapasan yang akhirnya dapat membuat orang mendengkur.

6.  Tidur teratur
Tidur cukup serta tidur dan bangun secara teratur dapat menghentikan kebiasaan ngorok.

7. Meninggikan kepala
Tidur dengan kepala ditinggikan mungkin akan melepaskan beberapa tekanan pada sistem pernapasan, sehingga bernapas terasa lebih mudah. Angkat kepala tempat tidur dengan menempatkan balok kayu di bawah tempat tidur atau menopang tubuh bagian atas dengan bantal (bukan hanya kepala, karena itu justru bisa menghambat pernapasan).

Demikian tips untuk cara menghilangkan kebiasaan ngorok pada saat tidur. Jika ada saran atau masukan, jangan sungkan untuk berkomentar. Semoga bermanfaat.
.
.