Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Dalam memahami pengertian bisnis, kita dapat mengacu pada sejarah atau latar belakang historis istilah tersebut. Bisnis lahir dari kosa kata bahasa Inggris (business). Kata dasarnya adalah “busy” yang berarti “sibuk”. Memaknai kesibukan yang dimaksud bisa dalam konteks pribadi atau individu, kelompok, komunitas maupun masyarakat secara luas.
Secara etimologi, bisnis diartikan sebagai keadaan seseorang atau kelompok orang yang sedang sibuk melakukan aktivitas atau pekerjaan yang mendatangkan profit (keuntungan).

Berikut ini, kami mengidentifikasi beberapa pengertian bisnis menurut para ahli untuk memberikan gambaran yang jelas tentang definisi bisnis secara utuh.

    Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
  • Bisnis adalah usaha yang dijalankan yang tujuan utamanya adalah keuntungan (Kasmir dan Jakfar, 2012:7).
  • Pendapat Raymond E Glos dalam bukunya yang berjudul “Business : its nature and environment : An Introduction” yang dikutip oleh Umar, bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka (Umar, 2005:3)
  • Bisnis dalam arti luas adalah suatu istilah umum yang menggambarkan suatu aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari (Amirullah, 2005:2).
  • Bisnis adalah sejumlah total usaha yang meliputi pertanian, produksi, konstruksi, distribusi, transportasi, komunikasi, usaha jasa dan pemerintah, yang bergerak dalam bidang membuat dan memasarkan barang dan jasa kepada konsumen (Bukhori Alma,1993:2).
  • Pengertian Bisnis adalah seluruh aktivitas dan usaha untuk mencari keuntungan dengan menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan bagi sistem perekonomian, beberapa bisnis memproduksi barang berwujud sedangkan yang lain memberikan jasa (Louis E. Boone, 2007:5)
  • Steinhoff (1979), Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people (Bisnis adalah semua aktivitas yang menyediakan barang dan jasa yang diperlukan atau diinginkan orang).
  • Griffin dan Ebert (2007), Business is an organization that provides goods or services in order to earn profit (Bisnis adalah sebuah organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan).
  • Brown dan Petrello (1976), Business is an institution which produces goods and services demanded by people (bisnis adalah suatu institusi yang menghasilkan barang dan jasa yang diminta oleh orang atau masyarakat)
  • Hunt. T Chwee (1990), Business is then simply a system that produces goods and services to satisfy the needs of our society (bisnis disederhanakan sebagai suatu sistem yang menghasilkan barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat)
  • Musselman dan Jackson (1992), Bisnis merupakan jumlah dari keseluruhan aktivitas yang diorganisir oleh orang yang sedang berkecimpung dalam bidang industry dan perniagaan yang menyediakan jasa dan barang untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kualitas hidup.
  • Pengertian bisnis menurut Urwick dan Hunt : Segala perusahaan yang membuat, mendistribusikan, ataupun menyediakan segala barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu untuk membeli atau membayarnya.
  • Prof.Owen mengemukakan bahwa bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang-barang untuk dijual ke pasaran ataupun memberikan harga pada setiap jasanya.
  • Pengertian bisnis menurut Prof.L.R.Dicksee : suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.
  • Menurut Mc Naughton, bisnis adalah pertukaran barang-barang, uang ataupun jasa untuk keuntungan mutual.
  • William Spregal, definisi bisnis adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan produksi dan penjualan barang-barang ataupun jasa dapat diklasifikasikan dalam aktivitas-aktivitas bisnis.
  • Dalam Kamus Merriam Webster, Bisnis diterjemahkan sebagai suatu aktivitas pembuatan, pembelian atau penjualan barang dan jasa kemudian dipertukarkan dengan uang; kerja atau aktivitas yang merupakan bagian dari pekerjaan; Jumlah aktivitas yang telah diselesaikan oleh sebuah toko, perusahaan, pabrik dan lain lain.
Dari sejumlah pengertian bisnis menurut para ahli diatas, penulis menyimpulkan bahwa bisnis dapat didefinisikan sebagai kegiatan atau aktivitas terorganisir dalam memenuhi kebutuhan orang atau masyarakat dengan menciptakan barang atau jasa dalam rangka mendapatkan keuntungan serta meningkatkan kualitas hidup.