Cara Mudah Mengatasi Kegemukan

Cara Mudah Mengatasi Kegemukan Memiliki tubuh langsing, ideal dengan berat badan yang stabil menjadi salah satu idaman orang terutama bagi wanita. Tentu saja, memiliki tubuh yang ideal akan menyehatkan dan juga penampilan akan lebih menarik. Banyak wanita yang ingin memiliki tubuh yang langsing dan ideal serta lepas dari masalah obesitas atau kegemukan.
Memang, bukan rahasia lagi bahwa ada cara-cara instan untuk mengatasi kegemukan seperti sedot lemak, operasi sampai mengkonsumsi obat-obatan pelangsing dan penurun berat badan. Namun cara-cara tersebut tidak sedikit yang justru berdampak buruk bagi tubuh. Pada artikel kali ini, kami akan berbagi ada cara mudah mengatasi kegemukan.

1. Mengenal obesitas perut

Adanya lemak berlebihan yang terdapat di sekitar area perut disebut obesitas perut. Obesitas perut dapat terjadi di antara setiap individu, tanpa pandang usia dan jenis kelamin. Anak-anak dan remaja dapat menjadi korban obesitas abdominal, jika orang tua mereka memiliki obesi­tas abdominal. Seorang Ahli endokrinologi, diabetologist, antipenuaan Spesialis dan Bariatri­cian berbasis di Mumbai bernama Dr. Deepak Chaturvedi mengemukakan bahwa "Terdapat hubungan kuat antara obesitas abdominal dan ber­bagai penyakit kardiovaskular. Karena itu, Anda harus ekstra hati-hati tentang obesitas perut. Cara terbaik untuk menghindari obesitas perut adalah dengan mencegahnya.”


2. Penyebab obesitas perut

Penyebabnya sebenarnya masih belum diketahui, namun ada kombinasi antara gen dan lingkungan. Alasan lain yakni dapat berupa penurunan sensitivitas insu­lin, merokok, mengkonsumsi bahan makanan estrogenik, gen kebiasaan makan larut malam, stres, ketegangan dan masalah gangguan pencernaan.

3. Mencegah obesitas perut

Agar terhindar dari obesitas perut, Dr. Deepak menyarankan "Selain olahraga, diet yang baik adalah suatu keharu­san jika ingin terhindar dari obesitas perut. Obesitas perut berarti tingkat insulin tinggi atau hormon stres. Jika Anda memiliki obesitas perut, ada sesuatu yang tidak beres dalam sistem Anda dan Anda perlu untuk memperbaikinya dengan mengambil langkah tepat menghindari masalah kesehatan.”

Yang terbaik, cara untuk menang­kal obesitas abdominal dari hidup Anda adalah dengan mengambil langkah-langkah atau cara mudah mengatasi kegemukan yakni:

  1. Air adalah sumber daya alam ter­baik yang tersedia untuk membuang limbah. Minum yang cukup setiap hari sangat disarankan.
  2. Biasakan makan pada waktu yang tepat dan hindari menunda-nunda waktu makan.
  3. Konsumsi air berkarbonasi harus dibatasi. Minum air lemon sangat disarankan.
  4. Hindari makanan manis, bila perlu katakan tidak untuk makanan manis.
  5. Makan banyak buah-buahan dan sayuran segar:
  6. Olahraga teratur dan usahakan sekitar 45 menit setiap hari.
  7. Waktu tidur sehari tidak lebih dari 8 jam.
  8. Periksakan secara teratur tingkat kolesterol anda.
  9. Kontrol berat badan Anda agar tetap normal.
Demikian tips atau cara mudah mengatasi kegemukan. Jika rutin dan telaten menjalankannya, anda tidak perlu memilih cara-cara ekstrim untuk mengatasi kegemukan.