Memahami Manfaat Menangis

Memahami Manfaat MenangisAdakah Manfaat Menangis? Cukup banyak hal yang dapat menyebabkan orang menangis. Bisa jadi karena di PHK, disakiti sahabatnya, atau mungkin tempat tinggalnya yang kena gusuran, ada yang tak kuasa menahan rasa sakit karena penyakit yang dideritanya, bahkan karena terharu atau senang pun, air mata dapat saja keluar sebagaimana orang yang menangis.

Dalam buku Adult Crying A Biopsychosocial Approach yang ditulis oleh Ad J.J.M. Vingerhoets dan Randolph R.Cornelius menjelaskan bahwa tangisan dapat mengungkapkan banyak hal dalam waktu singkat. Banyak diantara kita tidak bisa diam saja jika mendengar atau melihat seseorang menangis karena sedih. Tangisan itu membuat kita tahu bahwa ia sedang menderita, sehingga kita akan berupaya menghibur atau membantu. Kali ini kami akan berbagai mengenai manfaat menangis bagi kesehatan maupun manfaat dari aspek agama.
Manfaat Menangis Dari Segi Kesehatan
  • Membunuh bakteri. Di dalam air mata ada cairan atau enzim yang disebut enzim lysozyme Cairan ini memiliki kekuatan 90-95 persen dan dapat membunuh bakteri yang dapat saja tertinggal di mata karena aktivitas sehari-hari hanya dalam 5-10 menit. Fakta ini diperkuat oleh temuan William Frey, ahli biokimia dari Ramsey Medical Center yang melakukan penelitian tentang air mata. Dalam kesimpulannya, ia menemukan bahwa air mata yang keluar akibat menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Terbuangnya racun tersebut berdampak positif bagi kemampuan mata untuk melihat karena pandangan kabur yang biasa terjadi banyak disebabkan karena kelembaban mata yang kurang.
  • Mengurangi stress. Selain membuang racun, air mata juga mengeluarkan hormon yang disebut hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Hormon ini adalah hormon yang menyebabkan tinggi rendahnya tingkat stress. Keluarnya hormon ini melalui air mata berakibat pada menurunnya level atau tingkatan stress. Oleh karena itu, walaupun menangis tidak dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi, namun dengan menangis dapat menimbulkan perasaan lebih lega sehingga dapat berpikir lebih jernih dibanding sebelum menangis.
Manfaat Menangis Dalam Tinjauan Agama
  1. Menggapai Kecintaan Allah. Sabda Nabi SAW: “Orang yang menangis karena takut kepada Allah akan mendapatkan keberuntungan dengan memperoleh kecintaan Allah atas mereka. Rasullullah bersabda : “Tidak ada yang lebih dicintai Allah daripada dua tetes dan dua bekas : yaitu tetesan air mata karena takut kepada Allah, dan tetesan darah yang tumpah di jalan allah. Adapun dua bekas yaitu bekas di jalan Allah, dan bekas dalam menjalankan apa-apa yang diwajibkan oleh Allah.” (HR. At-Tirmidzi)
  2. Mendapat naungan pada hari kiamat. Rasul bersabda : “Ada 7 golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya yaitu (1) Imam/pemimpin yang adil (2) pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Rabb-Nya, (3) seseorang yang hatinya terkait dengan masjid, (4) dua orang yang saling mencintai karena Allah (5) seorang laki-laki yang dibujuk oleh wanita yang memiliki kedudukan lagi berparas cantik, lalu ia berkata ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah', (6) Seseorang yang bershadaqah secara sembunyi-sembunyi hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan melalui tangan kanannya, dan (7) Seseorang yang menyendiri untuk mengingat Allah, lalu berlinanglah air matanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  3. Tidak akan tersentuh api neraka. “Dua mata, yang keduanya tidak akan tersentuh api Neraka yakni (1) Mata yang menangis karena takut kepada Allah dan (2) Mata yang dimalam hari berjaga-jaga (dari musuh) di jalan Allah.” (HR. At-Tirmidzi)
  4. Tergolong orang-orang yang selamat. Seorang sahabat Nabi SAW bertanya : “Wahai Rasulullah, apakah an-Najaah (keselamatan) itu” Maka beliau bersabda : “Kendalikan lidahmu, hendaknya rumahmu meluaskanmu, dan menangislah atas kesalahan-kesalahanmu.” (HR. At-Tirmidzi)
  5. Meneladani para Nabi. Menangis karena takut kepada Allah SWT kelak mendapatkan bagian dari meneladani para Nabi. Firman Allah SWT: “Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi kenikmatan oleh Allah, yakni para Nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah kami beri petunjuk dan kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.” (QS. Maryam : 58)
Demikian manfaat menangis dalam tinjauan kesehatan dan agama. Sayang jika kita hanya mudah menangis jika yang ditangisi adalah hal-hal duniawi. Sekalipun wajar dan bermanfaat dari segi kesehatan, namun melatih diri untuk lebih peka dan menangis karena rasa takut kepada Allah SWT akan memberi manfaat ganda yakni manfaat di dunia maupun di akhirat kelak. Amiin.

.
.