5 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Telah ditemukan ada 5 cara membedakan madu asli dan palsu. Tipsserbaserbi kali ini akan berbagi cara efektif dan sederhana agar kita tidak keliru dalam memilih atau membeli madu. Jangan terkecoh dengan label atau bahasa promosi dari pihak-pihak yang belum diketahui kredibilitasnya di tengah masyarakat atau dalam pemasaran madu. 


Sangat disayangkan, hanya karena keinginan agar suatu produk madunya ingin cepat laku, kata-kata promosi yang tidak jujur dengan berani dikampanyekan. Kalau kondisinya begini, tentu konsumen atau pembeli yang menjadi korban. Berhatilah-hatilah dalam menentukan pilihan untuk membeli. Berikut ini lima cara atau teknik membedakan madu asli dan palsu: 
5 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

1. Dipanaskan di api
 

Cara pertama untuk membedakan madu asli dan palsu yakni dengan cara dipanaskan. Untuk cara ini, siapkan korek api, lilin dan sendok makan. Tuangkan madu yang akan diuji ke dalam sendok lalu panaskan madu tersebut di atas nyala lilin. Perlahan-lahan semakin panas akan nampak perbedaan antara madu yang asli dan palsu. Jika madunya asli maka madu yang sementara dipanaskan tersebut akan mengeluarkan busa hingga madunya tumpah dari sendok. Sedangkan madu yang palsu atau sudah mengandung campuran lain, busanya tidak akan muncul. Kalaupun ada busanya, tidak sebanyak busa yang terjadi pada madu murni atau asli.

2. Dilumurkan di kertas

Cara kedua dengan melumurkan madu ke atas kertas. Perbedaannya cukup menarik. Untuk madu yang tidak asli akan membuat kertas mudah disobek dan sangat cepat menembus ke lapisan bawah kertas. Sementara madu asli tidak membuat kertas mudah sobek dan tidak langsung menembus kertas yang dilumuri madu tersebut.

3. Dibakar dengan korek api

Cara ketiga ini sangat sederhana. Cukup celupkan sebatang korek api ke dalam madu yang akan dites. Dalam kondisi korek api yang masih basah dilumuri madu, gesekkan korek api tersebut seperti biasa anda akan menyalakannya. Madu yang asli akan tetap membuat korek apinya menyala. Sementara madu yang palsu tidak akan membuat korek api tersebut nyala. Korek api yang tidak menyala membuktikan bahwa madu tersebut memiliki kandungan air atau adanya bahan campuran lain.

4. Dituangkan ke air

Siapkan setengah gelas air kemudian tuangkan beberapa tetes madu ke dalamnya. Madu yang asli tidak akan bercampur dengan air dan akan langsung jatuh ke dasar gelas. Jadi jika madu yang dituangkan langsung mengambang di air bahkan mudah tercampur, ini pertanda madunya tidak asli atau bukan madu murni.

5. Dibekukan di kulkas

Membedakan madu asli dan palsu dengan cara ini memang akan memakan waktu agak lama karena madu yang akan diuji harus dibekukan di freezer atau kulkas. Jika madunya murni atau asli, maka madunya tidak akan membeku. Sebaliknya, jika madunya membeku ini membuktikan madunya palsu atau memiliki kandungan air yang cukup banyak. Kejadian ini biasa terjadi jika madu sudah ditambahkan bahan campuran lain seperti larutan gula atau yang semacamnya.

Itulah 5 cara membedakan madu asli dan palsu. Kelima cara tersebut tidak perlu dilakukan semua, cukup salah satunya saja. Namun jika masih ragu dan memang memungkinkan waktunya untuk mencoba kelima cara itu, tentu akan lebih akurat lagi dalam menentukan keaslian madu. Semoga semakin mudah untuk membedakan madu asli dan palsu. 

 
.
.