9 Cara Alami Menghilangkan Jerawat

9 Cara Alami Menghilangkan JerawatSaat ini cukup banyak produk obatan-obatan kimia untuk menghilangkan jerawat yang dijual bebas. Hanya saja, walaupun harganya relatif terjangkau, tentu akan lebih aman jika ditempuh cara alami menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami yang mudah di dapat di lingkungan sekitar. Tipsserbaserbi kali ini akan berbagi 9 bahan alami dan sudah terbukti cukup ampuh menghilangkan jerawat tanpa efek samping. Simak dan buktikan khasiatnya!

1. Lidah Buaya

Khasiat Lindah buaya selain dapat menghilangkan jerawat, juga efektif melembabkan kulit, penghapusan bekas luka dan flek hitam pada wajah, mengurangi peradangan, perbaikan dan peremajaan kulit, menghaluskan dan mempercepat proses penyembuhan kulit serta dapat memberikan kesegaran pada wajah. Caranya: ambillah satu lembar daun lidah buaya, dipotong menjadi beberapa bagian, kulit luarnya dikupas, lalu oleskan di bagian wajah yang berjerawat. Untuk hasil yang cepat lakukan pagi dan sore hari. Lidah buaya terbukti lebih cepat menghilangkan jerawat dibanding bahan alami lainnya karena biasanya akan terlihat hasilnya dalam 2-3 hari.
 

2. Putih Telur

Putih telur banyak mengandung protein sehingga dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat juga dapat menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit sekaligus mencerahkan kulit wajah cantikmu. Caranya : Ambil putih telur dan pisahkan dari kuningnya, kocok hingga berbusa, lalu dioleskan ke wajah. Diamkan selama 10-15 menit, lalu dibilas dengan air hangat-hangat kuku. Untuk hasil yang maksimal, oleskan putih telur itu sewaktu hendak tidur di malam hari dan dibilas saat bangun di pagi hari. Baca juga artikel lain menghilangkan jerawat dengan putih telur.

3. Jus Jeruk

Menghilangkan jerawat dengan jus jeruk nipis atau lemon dengan cara mengoleskannya di wajah dan dibiarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu dibilas dengan air hangat-hangat kuku. Dilakukan tiap hari. Jika telaten, paling lama 2 minggu akan menampakkan hasil yang luar biasa. Kalau agak repot dibuat jus, lemon atau jeruk nya dipotong menjadi beberapa bagian kemudian dioleskan di wajah dan sambil ditekan-tekan lembut agar daging buahnya pecah. Cara ini sangat cocok untuk jerawat yang disertai bintik-bintik hitam dan berminyak.

4. Tomat

Buah tomat sangat efektif untuk membersihkan wajah dan membasmi komedo. Jika rutin melakukannya, jerawat akan perlahan-lahan hilang hingga wajah bebas dari jerawat. Caranya: Pilihlah tomat yang sudah masak, lalu diiris menjadi 2-4 bagian, oleskan irisan tomatnya hingga daging buahnya keluar secara merata di bagian kulit yang berjerawat, diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal 1 sampai 2 kali sehari. Untuk pengobatan dari dalam, tomat dapat dibuat jus untuk diminum sesuai selera.

5. Bawang Putih

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan yang satu ini mungkin tidak akan semua cocok, karena aroma bawang putih cukup meyengat dan bisa jadi orang di sekitar kita yang menggunakannya akan terganggu. Jadi disesuaikan saja kondisinya. Penggunaannya dengan menumbuk hingga halus 2 hingga 3 siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya, lalu dioleskan di wajah dan didiamkan selama 15-20 menit kemudian dibilas.

6. Buah Stroberi

Buatlah bahan masker wajah ½ cangkir buah stroberi. Untuk hasil terbaik, tambahkan putih telur dari 1 biji telur ayam dan madu sebanyak 2 sendok teh. Gunakanlah percampuran tersebut sebagai masker denga mengoleskannya ke wajah. Jagalah agar tidak mengenai mata. Diamkan masker hingga mongering sekitar 20 menit. Kemudian dibilas dengan air yang hangat-hangat kuku. Dapat dilakukan rutin sekali sehari hingga terlihat hasilnya.

7. Kayu Manis

Kayu manis yang digunakan adalah yang dalam bentuk bubuk. Hasilnya akan lebih baik jika ½ cangkir bubuk kayu manis ditambahkan dengan 2 sendok the madu. Diaduk hingga merata lalu dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Cara ini sangat ampuh mengatasi peradangan pada jerawat dan agar jerawat cepat kempes. Gunakan cara ini ini di waktu menjelang tidur, dan bilas keesokan harinya ketika bangun dengan air hangat.

8. Kunyit

Kunyit tidak saja digunakan sebagai bumbu masak namun dapat pula sebagai obat menghilangkan jerawat. Bahan tambahan yang diperlukan selain ½ cangkir kunyit bubuk adalah air jeruk ¼ cangkir dan 2 sendok teh madu. Campur semua bahan tersebut hingga merata kemudian oleskan di bagian kulit berjerawat. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih atau air hangat. Jika rutin dan teratur dilakukan, ramuan tersebut akan segera menghilangkan jerawat.

9. Bersihkan wajah dengan teratur

Setiap hari, pasti saja ada kotoran yang menempel di tubuh terutama pada bagian wajah. Untuk itu rajinlah membersihkan wajah sebelum atau sesudah beraktifitas. Munculnya jerawat lebih disebabkan karena banyaknya bakteri yang dibiarkan tidak dibersihkan sehingga wajah rawan terkena jerawat.

Selain dari kesembilan cara di atas, memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah serta minum air putih secukupnya adalah cara alami menghilangkan jerawat dari dalam tubuh. Kandungan yang terdapat pada sayuran dan buah diyakini efektif mencegah mudahnya muncul jerawat di wajah.
.
.