Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli


Sebelum menjelaskan definisi atau pengertian pemasaran menurut para ahli, perlu dipahami bahwa pemasaran berhubungan dengan pasar yang selalu berubah-ubah yang disebabkan faktor lingkungan yang berada diluar kontrol perusahaan secara langsung.
Sebab itu, pemasaran berfungsi meramalkan dan menyesuaikan perubahan dalam perusahaan sendiri, selain itu juga untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen secara menguntungkan.


Pemasaran menjadi aspek penting dalam aktifitas perusahaan. Karena itu harus terus dikembangkan jika perusahaan ingin maju. Definisi atau pengertian pemasaran menurut para ahli dikemukakan berikut ini:
  1. Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan serta untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingan (American Marketing Association dalam Philip Kotler dan Kevin Lenne Keller, 2009:5)
  2. Pemasaran (marketing) adalah proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya (Kotler dan Armstrong, 2008 : 6)
  3. Pemasaran didefinisikan sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain (Daryanto, 2011 : 1)
  4. Pemasaran merupakan fungsi yang memiliki hubungan paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal (Tjiptono, 2008 : 5)
  5. Pengertian pemasaran adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai bagi para pelanggan, serta memberikan manfaat bagi organisasi dan para pemangku kepentingan (Tim Marknesis, 2009:1)
  6. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan (Djaslim Saladin, 2002:1)
  7. Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik bagi pembeli yang ada maupun pembeli potensial (Basu Swastha, 2001:5)
Dari pengertian pemasaran menurut para ahli di atas dapat diambil kesimpulan tentang definisi pemasaran yakni sebagai suatu sistem dari kegiatan bisnis yang saling berhubungan dan ditujukan untuk merencanakan, mendistribusikan dan mempromosikan barang dan jasa yang dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Baca juga tentang pengertian bisnis menurut para ahli.
.
.