Definisi Wirausaha Menurut Para Ahli

Mengawali penjelasan definisi wirausaha menurut para ahli, perlu diketahui bahwa mengacu pada kamus besar bahasa indonesia, kata wirausaha semakna dengan kata wiraswasta.
Sedangkan segala perihal wiraswasta atau wirausaha dikenal dengan istilah kewiraswastaan dan memiliki definisi yang sama dengan kewirausahaan sebagaimana telah diuraikan dalam artikel pengertian kewirausahaan menurut para ahli.

Dalam kamus tersebut dinyatakan bahwa wirausaha/wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Definisi wirausaha menurut para ahli dapat kami jabarkan sebagai berikut :

  • Wirausaha didefinisikan sebagai individual who takes risks and starts something new. Artinya, wirausaha adalah individu yang mengambil resiko dan mengawali sesuatu yang baru (Hisrich, 2005:8).
  • Wirausaha didefinisikan sebagai mereka yang selalu bekerja keras dan kreatif untuk mencari peluang bisnis, mendayagunakan peluang yang diperoleh, dan kemudian merekayasa penciptaan alternatif sebagai peluang bisnis baru dengan faktor keunggulan (Frinces, 2004: 11).
  • Menurut Joseph Schumpeter (1934), wirausaha adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi tersebut bisa dalam bentuk (1) memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru, (2) memperkenalkan metoda produksi baru, (3) membuka pasar yang baru,(4) memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru, atau (5) menjalankan organisasi baru pada suatu industri. Schumpeter menghubungkan pengertian wirausaha dengan konsep inovasi yang diterapkan dalam konteks bisnis serta mengkaitkannya dengan kombinasi sumber daya.
  • Wirausaha adalah orang yang kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkanya untuk meningkatkan kesejahteraan diri, masyarakat dan lingkungan (Raymond,1995).
  • Wirausaha adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan (Kasmir, 2006)
  • Wirausaha adalah orang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumber daya yang diperlukan untuk mendirikannya (Zimmerer dan Scarborough, 2004:3-7).
  • Menurut Bygrave, wirausaha adalah the person who perceives an opportunity and creates an organization to persue it. Artinya, wirausaha adalah seorang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang itu (H. Buchari Alma, 2004: 21).
Berdasarkan definisi wirausaha menurut para ahli tersebut, dapat diambil suatu definisi sederhana tentang wirausaha yakni setiap orang yang memulai sesuatu bisnis baru, bisa memanfaatkan peluang dengan menggunakan waktu yang disertai modal dan resiko serta menerima balas jasa.

Keberhasilan menjadi wirausaha selalu berawal dari impian. Namun tidak semua dapat mewujudkan impiannya. Tergantung bagaimana mengarahkan impian kita kepada kenyataan yang diharapkan. Orang yang sukses mewujudkan impiannya adalah orang yang dapat menyelaraskan antara impian dengan tindakan. Semoga menjadi wirausaha sukses!

  
.
.