Tips Persiapan Slide Presentasi Sidang Skripsi


Tips Persiapan Slide Presentasi Sidang Skripsi Tips Persiapan Slide Presentasi Sidang Skripsi - Membuat slide presentasi yang baik untuk keperluan sidang skripsi tentu saja tidak mudah. Diperlukan kreativitas dan kerja keras untuk merancang, memilih konten, gambar, grafik dan struktur yang baik untuk presentasi Anda.

Memang, rata-rata setiap presentasi skripsi berlangsung sekitar 10 sampai 20 menit. Hanya saja, dengan waktu singkat itu, mahasiswa kebanyakan kerap merasa bingung dalam mengatur materi yang akan ditampilkan.

Selain itu, kesulitan bahkan kurang mampu membuat slide yang baik dan menarik. Akhirnya, slide powerpoint presentasinya dibuat apa adanya. Inilah yang akan sangat membosankan bagi peserta terutama bagi dosen penguji.

Ada 3 tips persiapan slide presentasi sidang skripsi yang kami share pada kesempatan ini. Tips ini diperuntukkan bagi rekan-rekan mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti sidang skripsi.

1. Tentukan Konsep Presentasi Skripsi
 


Tuliskan poin-poin penting dalam skripsi Anda. Diantaranya : alasan pemilihan judul atau latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, jenis penelitian, subjek penelitian, variabel penelitian, alat pengumpul data, teknik analisis data, hasil penelitian, kesimpulan dan rekomendasi atau saran. Lakukan dengan cermat agar benar-benar memperoleh gambaran ringkas yang bisa mewakili keseluruhan dari isi skripsi Anda.

Tetukan konsep slide-nya, seperti kombinasi warna yang akan Anda gunakan, jenis gambar dan grafik yang cocok untuk materi presentasi Anda atau kesan seperti apa yang ingin Anda tampilkan secara keseluruhan. Jika tahap ini Anda lakukan dengan baik, maka Anda akan mampu menyusun struktur slide presentasi dengan baik pula.

2. Membuat Struktur Presentasi Skripsi

Mulailah membuat garis besar atau outline. Tulis semuanya terlebih dahulu. Jangan berpikir untuk mencari gambar atau mendesain slide, sebelum outline Anda jadi. Hal ini bertujuan supaya Anda fokus pada pesan bukan pada desain.

Langkah selanjutnya adalah membuat sketsa untuk masing-masing slide. Misalnya tata letak tulisan, bentuk gambar, jenis grafik atau yang lain. Satu hal yang harus Anda pahami tidak semua slide harus diberi gambar, karena tidak semua konten bisa diwakili oleh gambar. Kalau memang tidak ada gambar yang sesuai untuk mendukung konten Anda, maka Anda tidak perlu menggunakan gambar apa-apa.

Lakukan tahap ini dengan baik, karena ini akan menjadi panduan yang baik untuk menyusun desain slide presentasi. Bagi yang belum terbiasa sekilas langkah ini kelihatan rumit dan lama. Namun jika Anda sudah membiasakannya, Anda akan mampu mendesain slide dengan baik, dengan waktu yang lebih singkat.

3. Membuat Desain Presentasi Skripsi


Setelah memiliki konsep dan struktur untuk presentasi Anda, kini saatnya Anda membuat desain slide presentasi. Yang perlu Anda kedepankan adalah kesederhanaan dan kejelasan. Sederhana dalam arti setiap kalimat yang Anda tampilkan tidak boleh terlampau panjang dan harus mudah dipahami. Sedangkan kejelasan maksudnya pengunaan latar belakang, warna, jenis font dan ukuran font harus mudah dibaca.

Rekomendasi Cara Praktis :
 
Jika tidak ingin direpotkan dengan ketiga persiapan diatas, kami sangat merekomendasikan untuk memiliki slide powerpoint atau template presentasi skripsi yang siap pakai. Template telah dirancang semenarik mungkin sehingga tinggal menyesuaikan atau menginput materi skripsi anda ke dalamnya.

Klik DISINI untuk mengetahui informasi template-nya. 



Demikian Tips Persiapan Slide Presentasi Sidang Skripsi. Milikilah template-nya agar Waktu anda lebih efektif dan efisien untuk menghadapi sidang skripsi. Salam sukses! 
.
.