Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah


Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah - Sebagaimana dipahami bahwa surat kuasa merupakan surat yang berisi pelimpahan kuasa atau wewenang dari seseorang kepada orang lain yang dipercaya agar dapat bertindak sebagai wakil dari pemberi kuasa karena tidak dapat melaksanakannya sendiri.


Surat kuasa pengambilan ijazah merupakan surat kuasa yang sifatnya individu atau perorangan sehingga tidak diperlukan kop atau kepala surat termasuk nomor surat sebagaimana menjadi bagian atau komponen penting bagi lembaga, organisasi, perusahaan atau instansi tertentu dalam mengeluarkan surat kuasa.

Karena itu bagian-bagian yang mesti ada adalah: (a) Pemberi kuasa (b) Identitas pemberi kuasa (c) Penerima kuasa (d) Identitas penerima kuasa (e) Hal yang dikuasakan (f) Waktu pemberian kuasa, serta (g) Tanda tangan penerima dan pemberi kuasa
 
Contoh surat kuasa pengambilan ijazah dibawah ini dibuat karena pemilik ijazah yang bertindak sebagai pemberi kuasa, tidak dapat mengambil ijazah tersebut secara langsung karena alasan tertentu seperti kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan atau sedang berada di wilayah yang cukup jauh dari tempat pengambilan ijazah. Contoh surat kuasanya adalah sebagai berikut:

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama       : Dewi Sartika
NIM         : 10530146
Jurusan    : Hukum Perdata
Fakultas   : Ilmu Hukum Universitas Islam Indonesia
Alamat     : Jl. Godean RT.10 RW 02 Gamping Sleman Yogyakarta

Dengan ini memberikan kuasa kepada:

Nama       : Nasir Ahmad
No. KTP    : 340564 7200281 0011
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat     : Jl. Godean RT.010 RW 02 Gamping Sleman Yogyakarta

Untuk pengambilan  Ijazah asli dan transkrip nilai beserta fotokopi yang telah dilegalisir serta menandatangani surat-surat yang berkaitan dengan pengambilan ijazah.

Hal-hal dan segala akibat yang disebabkan Surat Kuasa ini adalah tanggungjawab sepenuhnya Pemberi Kuasa.

Demikian Surat Kuasa ini saya buat dengan kesadaran penuh dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 15 November 2015

           Penerima Kuasa                                              Pemberi Kuasa



              Nasir Ahmad                                                 Dewi Sartika

Demikian contoh surat kuasa pengambilan ijazah yang dapat kami share. Satu hal yang penting, karena ijazah merupakan dokumen berharga agar surat kuasa memiliki kekuatan hukum yang kuat maka perlu disertakan meterai yang direkatkan diantara penerima kuasa dan pemberi kuasa. Kedua belah pihak yang bertanda tangan dapat mengenai sisi kiri dan kanan meterai tersebut. Semoga Ijazah Anda dapat segera dimiliki dan dipergunakan untuk melanjutkan pendidikan atau untuk keperluan mengajukan lamaran pekerjaan. (Baca pula: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan). 
 
.
.