Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang


Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang - Sebagaimana dipahami bahwa pengertian surat kuasa adalah surat yang berisi pelimpahan kuasa dari seseorang kepada orang lain yang dipercaya agar dapat bertindak sebagai pengganti atau wakil dari pemberi kuasa. Sementara obyek yang dikuasakan dapat berupa barang, uang, ataupun kewenangan tertentu. Selain itu, bahasa yang digunakan singkat, lugas, efektif, dan tidak berbelit-belit


Surat kuasa pengambilan uang merupakan surat kuasa yang sifatnya bisa perorangan maupun lembaga, yayasan atau instansi dan perbedaannya dengan yang sifatnya individu adalah adanya kop surat dan nomor surat.

Karena itu bagian-bagian yang mesti ada untuk surat kuasa yang dikeluarkan oleh organisasi, yayasan atau instansi adalah: (a) Kop Surat (b) Nomor Surat (c) Pemberi kuasa (d) Identitas pemberi kuasa (e) Penerima kuasa (f) Identitas penerima kuasa (g) Hal yang dikuasakan (h) Waktu pemberian kuasa, serta (g) Tanda tangan penerima dan pemberi kuasa

Contoh surat kuasa pengambilan uang ini dibuat karena alasan tertentu pemberi kuasa, misalnya, tidak dapat mengambil uang tersebut secara langsung karena kondisi kesehatan atau sedang berada di wilayah yang cukup jauh.

1. Contoh surat kuasa pengambilan uang yang sifatnya individu

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                   : AHMAD SUKARMAN
Tempat Tgl Lahir    : Bandung, 27 Agustus 1975
Alamat                 : Jl. Revolusi RT 002/002 Sukaluyu Bandung
No.KTP                 : 08.5003.170565.0002
No. Telepon          : 022271111

Selanjutnya disebut Pemberi Kuasa.

Dengan ini memberi kuasa kepada:

Nama                  : ILHAM SUKARMAN
Tempat Tgl Lahir   : Bandung, 05 Juli 1990
Alamat                : Jl. Raflesia RT 002/002 Sukaluyu Bandung
No. KTP               : 08.5013.050788.0003
No. Telepon          : 085666945712

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa.

Dengan surat ini, saya sebagai pihak Pemberi Kuasa, memberikan Kuasa kepada putra saya (Penerima Kuasa) untuk melakukan pengambilan uang secara tunai dengan jumlah Rp. 19.000.000,- (sembilan belas juta upiah) pada rekening Bank Mandiri milik saya, dengan data-data sebagai berikut:

No. Rekening  : 1120005759222
Atas Nama     : Ahmad Sukarman
Nama Bank     : PT. Bank Mandiri (Persero) KCP Surapati Bandung

Hal-hal dan segala akibat yang disebabkan Surat Kuasa ini adalah tanggung jawab sepenuhnya Pemberi Kuasa.

Demikian Surat Kuasa ini saya buat dengan kesadaran penuh dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 15 November 2015

              Penerima Kuasa                                        Pemberi Kuasa

              Ilham Sukarman                                       Ahmad Sukarman


2. Contoh surat kuasa pengambilan uang yang sifatnya kelembagaan.
 
Demikian contoh surat kuasa pengambilan uang baik yang sifatnya perorangan maupun yang dikeluarkan oleh lembaga, perusahaan atau organisasi. Perbedaannya terletak pada keberadaan kop surat dan nomor surat. Penyertaan meterai diantara pemberi kuasa dan penerima kuasa akan lebih menguatkan surat kuasa tersebut secara hukum. Simak pula contoh surat kuasa pengambilan ijazah.
.
.