Contoh Skripsi Perbankan Syariah


Contoh Skripsi Perbankan Syariah - Berikut kami sajikan secara lengkap kepada para pembaca, beberapa contoh skripsi yang berkaitan dengan perbankan syariah. Untuk menghemat halaman blog, kami sajikan judul dan abstrak setiap contoh skripsi terlebih dahulu dan di akhir abstrak kami sertakan link untuk mendownload contoh skripsinya secara lengkap.


Contoh Skripsi Perbankan Syariah (1)

Judul :
MANAJEMEN RESIKO BANK SYARIAH; PENDEKATAN NORMATIF TENTANG SISTEM BAGI HASIL

ABSTRAK
Konsep bank syariah berbeda dengan bank konvensional berbasis bunga. Sistem bagi hasil dalam bank syariah memiliki karakteristik yang unik karena harus senantiasa tunduk dan patuh kepada ketentuan dan prinsip syariah. Hal tersebut berimplikasi kepada seluruh kegiatan bank syariah, sehingga bank syariah akan mengalami risiko-risiko yang disebabkan oleh aktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui risiko-risiko tersebut dan bagaimana mengelolanya.

Untuk mencapai tujuan yang dikehendaki, penelitian menggunakan metode penelitian pustaka. Pendekatan yang digunakan adalah diskriptif-normatif-kritis, mengingat sistem bagi hasil masih merupakan instrumen pembiayaan kedua dalam pembiayaan perbankan syariah hari ini. Pendekatan ini diarahkan untuk menganalisis sistem bagi hasil sebagaimana yang diaspirasikan dalam ekonomi dan perbankan Islam.

Berdasarkan penelitian ini, bank-bank syariah akan menghadapi (1) risiko-risiko bank, minus bunga, antara lain (tidak terbatas hanya): risiko risiko kredit, pasar, likuiditas, operasional, hukum, reputasi, stratejik, dan kepatuhan; dan (2) risiko-risiko unik yang terdiri dari (disamping risiko-risiko bank) investasi ekuitas dan risiko tingkat return.

Untuk mengelola risiko-risiko tersebut, bank syariah akan memerlukan suatu keahlian baru untuk menangani berbagai proyek pembiayaan bagi hasil. Sedangkan penerapan manajemen risiko untuk sistem bagi hasil akan memerlukan suatu sistem manajemen risiko yang menjadi bagian tak terpisahkan dari sistem yang dimiliki bank syariah. Sistem ini akan senantiasa tunduk dan patuh pada ketentuan dan prinsip syariah serta ketentuan perbankan yang berlaku.

Kata Kunci: Bank Syariah, Manajemen Risiko, Sistem Bagi Hasil.

Skripsi lengkap perbankan syariah (1) dapat di DOWNLOAD DISINI

Judul:  
STUDI PEMAHAMAN NILAI-NILAI SYARIAH PADA PRAKTISI PERBANKAN SYARIAH (Studi pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah Niaga Madani)

ABSTRAK
 
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman nilai-nilai syariah khususnya pada praktisi perbankan syariah PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah Niaga Madani.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam melaksankan penelitian, diperlukan data yang akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan pembahasan dan analisis. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara dan pengisian kuesioner yang berhubungan dengan masalah penelitian. Dimana setelah data-data dikumpulkan, penulis menggambarkan keadaan objek penelitian yang sesungguhnya untuk menjelaskan bagaimana pemahaman praktisi perbankan syariah terhadap nilai-nilai syariah..

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa system dan prosedur akuntansi pada pegadaian syariah masih tunduk pada ketentuan yang masih berlaku di Perum Pegadaian yang berbasis konvensional. Perbedaan antara gadai syariah dan gadai konvensional terletak pada sistem pembiayaan, penentuan biaya administrasi, dan penetapan tarif sewa modal/bunga atau yang dalam gadai syariah dikenal dengan tarif ijarah.

Kata Kunci : Nilai-Nilai Syariah, Bank Syariah, Akuntansi Syariah.
 

                     Skripsi lengkap perbankan syariah (2) dapat di DOWNLOAD DISINI


Contoh Skripsi Perbankan Syariah (3)

Judul :
ANALISIS EFISIENSI TEKNIK PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) (Studi Pada 11 Bank Syariah Tahun 2005-2008)

ABSTRAK
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pangsa pasar dari perbankan syariah di Indonesia belum dapat dicapai secara maksimal sampai pada saat ini. Hal ini dapat dilihat dari kondisi jumlah pangsa pasar perbankan syariah yang relatif masih kecil dalam perbankan nasional dan target 5 persen hingga akhir tahun 2008 belum juga tercapai, meskipun survey-survey dari Bank Indonesia pada tahun 2000-2005 yang menyebutkan bahwa potensi pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia sangat besar.

Salah satu cara mengetahui kinerja perbankan syariah sendiri dapat dilihat dari tingkat efisiensinya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat efisiensi teknik perbankan syariah di Indonesia (studi pada 11 bank syariah tahun 2005-2008) yang terdiri dari Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Data Envelopment Analysis (DEA), di mana variabel yang digunakan terdiri dari input (simpanan, aset dan biaya tenaga kerja) dan ouput (pembiayaan dan pendapatan operasional).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bank-bank syariah yang tetap mengalami efisiensi 100 persen adalah Bank Muamalat Indonesia pada BUS serta Bank Niaga Syariah dan Bank Permata Syariah pada UUS, sedangkan bank-bank syariah lainnya mengalami fluktuasi dan cenderung mengalami inefisiensi selama tahun pengamatan.

Kata Kunci: Tingkat Efisiensi Teknik, Bank Syariah, BUS, UUS, DEA. 


Contoh Skripsi perbankan syariah lengkap (3) dapat di DOWNLOAD DISINI

.
.