Cara Menghilangkan Bau Mulut


Tips Menghilangkan Bau Mulut
Bau mulut dapat membuat orang jadi minder atau mengurangi rasa percaya diri. Padahal sebenarnya, sebagian besar bau mulut itu terjadi karena kesalahan kita sendiri, terutama dalam hal perilaku dan kurangnya menjaga kebersihan. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips atau cara menghilangkan bau mulut yang dapat anda terapkan.
1.        Menyikat gigi dan membersihkan bagian mulut lainnya.
Sebaiknya sobat rajin-rajin untuk menjaga kebersihan mulut dengan rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari. Dan lebih diutamakan menggosok gigi setelah makan.
Menyikat gigi pada sebagian kasus bisa menghilangkan bau mulut. Bersikat gigilah dengan baik dan benar, hilangkan sisa-sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi anda. Ingat bahwa lidah dan bagian bawah lidah adalah penyumbang terbesar masalah bau mulut, bersihkan lidah anda termasuk bagian bawah lidah. Bersihkan juga langit-langit mulut anda, karena ternyata langit-langit mulut anda merupakan salah tempat dimana bakteri penyebab bau mulut bersarang.Untuk mengoptimalkan pembersihan mulut, anda bisa memakai bahan tambahan seperti obat kumur. 
2.     Perbanyak minum air putih. Air putih dipercaya mampu melarutkan zat-zat negatif dalam tubuh, termasuk menghilangkan zat yang mengakibatkan bau mulut.
3.     Kurangi makan-makanan yang menyengat seperti durian, petai, jengkol, dan sebagainya. Sekalipun anda menyukai buah-buah tersebut, namun tidak mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan hingga mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitar lingkungan anda menjadi efektif sebagai cara mengatasi bau mulut anda
4.     Tambal gigi anda yang berlubang. Gigi yang berlubang adalah penyebab bau mulut yang akut, karena di gigi yang berlubang itulah sisa makanan bersarang yang tentunya akan dikerubuni oleh kuman-kuman yang menyebarkan bau mulut.
5.     Proses pencernaan yang kurang sempurna akan mengakibatkan bau mulut. Makanlah yang secukupnya, jangan terlalu kenyang. Lancarkan buang air besar dengan mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan aneka buah agar pencernaan menjadi lancar.
6.     Kurangi konsumsi makanan berlemak dan daging. Makanan berlemak akan membuat lambung anda cenderung aktif mengeluarkan zat asam yang akan menimbulkan bau gas yang jika keluar lewat mulut mengakibatkan bau naga yang dasyat.
7.     Rokok dan kopi bisa mengakibatkan bau mulut. Kurangilah mengkonsumsi kedua benda tersebut, bila perlu dihentikan.
8.    Anda bisa menempuh gurah saluran pernafasan. Saluran pernafasan yang kotor bisa mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap.

Demikian cara menghilangkan bau mulut yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat terutama bagi anda yang memiliki masalah bau mulut.