Pengertian Cerita Rakyat Menurut Para Ahli



Pengertian Cerita Rakyat - Dipahami bahwa cerita rakyat menjadi bagian dari kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki setiap bangsa. Jika digali dengan sungguh - sungguh, negeri kita sebenarnya berlimpah ruah cerita rakyat yang menarik. Bahkan sudah banyak yang menulis ulang dengan cara mereka masing - masing.


Pengertian Cerita Rakyat Menurut Para Ahli Cerita rakyat dapat diartikan sebagai ekspresi budaya suatu masyarakat melalui bahasa tutur yang berhubungan langsung dengan berbagai aspek budaya dan susunan nilai sosial masyarakat tersebut. Dahulu, cerita rakyat diwariskan secara turun- menurun dari satu generasi ke generasi berikutnya secara lisan (Suripan Sadi Hutomo, 1991: 4)

Mengenal cerita rakyat adalah bagian dari mengenal sejarah dan budaya suatu bangsa. Pada umumnya, cerita rakyat mengisahkan tentang terjadinya berbagai hal, seperti terjadinya alam semesta. Adapun tokoh - tokoh dalam cerita rakyat biasanya ditampilkan dalam berbagai wujud, baik berupa binatang, manusia maupun dewa, yang kesemuanya disifatkan seperti manusia

Cerita rakyat sangat digemari oleh warga masyarakat karena dapat dijadikan sebagai suri teladan dan pelipur lara, serta bersifat jenaka. Oleh karena itu, cerita rakyat biasanya mengandung ajaran budi pekerti atau pendidikan moral dan hiburan bagi masyarakat. Salah satu jenis cerita rakyat yang populer sebagaimana klasifikasi para ahli adalah dongeng. Cerita rakyat lainnya selain dongeng seperti mite (mitos) dan legenda yang akan dijelaskan dalam artikel terpisah di blog ini.

Pengertian cerita rakyat adalah salah satu karya sastra yaitu berupa cerita yang lahir , hidup dan berkembang pada beberapa gen erasi dalam masyarakat tradisional, baik masyarakat itu telah mengenal huruf atau belum, disebarkan secara lisan, mengandung survival, bersifat anonim, serta disebarkan diantara kolektif tertentu dalam kurun waktu yang cukup lama (Sisyono, dkk 2008:4)

Saat ini, cerita - cerita rakyat tidak hanya merupakan cerita yang dikisahkan secara lisan dari mulut ke mulut dan dari generasi ke generasi berikutnya, akan tetapi telah banyak dipublikasikan secara tertulis melalui berbagai media. (The freencyclopedia: 2006 :12)

Sejalan dengan pendapat di atas, Liaw Yock Fang (1982: 1) mengemukakan bahwa kesusastraan rakyat adalah sastra yang hidup di tengah- tengah rakyat. Sastra rakyat dituturkan oleh ibu kepada anaknya dalam buaian, atau tukang cerita kepada penduduk kampu ng yang tidak tahu membaca dan menulis . Cerita - terita semacam ini diturunkan secara lisan, dari generasi satu ke generasi yang lebih muda. Sastra lisan hidup dan berkembang di kampung - kampung. Jadi, dapat dipastikan bahwa lahirnya sastra lisan lebih da hulu dari pada sastra tertulis yang rata - rata berkembang di istana.

Pendapat yang sama dikemukakan oleh Hasim Awang (1985: 5) bahwa sastra rakyat ialah kesusastraan y ang lahir di kalangan rakyat. Pada lazimnya, sastra rakyat merujuk kepada kesusastraan rakyat daripada masa lampau, yang telahmenjadi warisan kepada sesuatu masyarakat. Sastra rakyat adalah sebagian daripada kehidupan budaya bagi masyarakat lama.

Cerita rakyat merupakan salah satu bentuk (genre) foklor. Foklor itu sendiri adalah sebagian kebudayaan suatu kolektif yang tersebar dan diwariskan turun-temurun di antara kolektif macam apa saja, secara tradisional dalam versi yang berbeda, baik dalam bentuk lisan maupun contoh yang disertai gerak isyarat atau alat pembantu pengingat (memonic device) (James Dananjaya, 1997: 2) Menurut pendapat Brunvand (1968:5)

Foklrore may be defined as those materials in culture that circulate traditionally among members of any group in different versions, whether in oral or by means of customary example.

Cerita rakyat merupakan salah satu bentuk foklor yang dijumpai di Indonesia. Pada mulanya cerita rakyat disampaikan melalui budaya lisan berupa bagian- bagian cerita kepahlawanan yang digambarkan melalui wayang, bentuk - bentuk lainya berupa pertunjukkan. Cerita rakyat disebarkan melalui budaya lisan, bukan budaya tulis. Cerita- cerita rakyat ini biasanya terdapat di daerah - daerah di Indonesia.

Hakikat cerita rakyat tersebut sesuai dengan pernyataan di bawah ini;

Cerita rakyat is a form of folklore found in Indonesia. Its origins are probably an oral culture, with a range of stories of heroes associated with Wayang and other forms of theatre, transmitted outside of a written culture. Usually tied in with a district or region of Indonesia. (Hasim Awang . 1985: 14)

Cerita rakyat biasanya hidup atau pernah hidup dalam sebuah masyarakat. Cerita yang ada di dalamnya tersebar, berkembang, atau diturunkan secara lisan dari satu generasi ke generasi yang lebih muda. Cerita rakyat merupakan bagian dari sastra daerah, yakni sastra yang biasanya diungkapkan dalam bahasa daerah. Sebagai contoh, cerita rakyat dari Jawa Tengah, biasanya di ceritakan dengan menggunakan bahasa Jawa. Begitu pula cerita rakyat dari Padang, Papua, dan lainnya yang diceritakan dalam bahasa daerah masing- masing.

Dewasa ini, cerita rakyat telah dikumpulkan dan digunakan dalam dunia pendidikan di Indonesia melalui buku - buku. Cerita rakyat tidak hanya cerita lisan dari mulut ke mulut tetapi banyak dipublikasikan melalui media ( Eikipedia Bahasa Melayu. 2006:6)

Berdasarkan pendapat tersebut dapat diketahui bahwa cerita rakyat berkembang di masa lalu diwariskan secara lisan. Karena diwariskan secara lisan, seringkali ceritanya mendapat variasi atau tambahan. Hal ini sangat tergantung pada kemahiran tukang cerita atau pawang cerita. Sehingga cerita yang sama diceritakan dalam versi yang berbeda. Demikian sejumlah definisi atau pengertian cerita rakyat menurut para ahli. Baca pula pengertian dongeng dan ciri-cirinya sebagai salah satu jenis cerita rakyat.