Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak

Cara Mengatasi Kegemukan Pada AnakMengawali cara mengatasi kegemukan pada anak adalah mengenali penyebabnya agar memudahkan kita melakukan langkah-langkah pencegahan maupun untuk berupaya mengatasi obesitas atau kegemukan yang sudah terjadi pada anak.

Penyebab kegemukan pada anak:

  • Faktor genetik; yakni faktor keturunan. Kelebihan berat badan pada anak bisa jadi karena faktor gen atau keturunan. Faktor ini menyebabkan tingkat kesulitan pencegahan yang berbeda dibanding anak-anak yang memang tidak menurunkan gen dari kedua orang tuanya.
  • Makanan ringan dalam kemasan & makanan cepat saji; anak-anak cenderung menyukai dan gemar dengan makanan ringan serta makanan cepat saji. Apalagi didukung dengan mudahnya jenis makanan tersebut diperoleh. Padahal sudah cukup banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa makanan cepat saji walaupun terasa nikmat namun tidak memiliki kandungan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Bahkan bukan rahasia lagi jika makanan cepat saji ini biasa dikenal dengan istilah makanan sampah (junk food). Makanan seperti ini umumnya mengandung lemak dan gula yang tinggi sehingga dapat menyebabkan obesitas. 
  • Kebiasaan mengkonsumsi minuman ringan; seperti halnya makanan cepat saji, yakni terbukti memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga mengakibatkan berat badan akan cepat bertambah. Rasanya yang nikmat dan segar menyebabkan anak tergiur untuk selalu mengkonsumsinya.
  • Aktivitas fisik yang kurang; saat ini dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, aktivitas fisik anak banyak tersita dengan permainan game elektronik yang begitu mudah mereka dapat akses baik di computer sendiri, gadget dan fasilitas lainnya. Inilah yang menyebabkan anak kurang melakukan gerak fisik atau berolahraga sehingga menyebabkan berat badan berlebih.

Cara Mengatasi Kegemukan Pada Anak
Diet yang terlalu ketat bagi anak dapat mengganggu pertumbuhan dan juga kesehatannya. Sehingga cara aman untuk mengatasi kegemukan pada anak perlu langkah-langkah yang hati-hati dan terprogram. Untuk Anda yang ingin mencegah atau mengatasi kelebihan berat badan (obesitas) pada anak, langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain:
 

Mengatur makanan yang tepat untuk anak
Kurangi konsumsi makanan cepat saji, minuman dan makanan ringan dalam kemasan, aneka cemilan manis dengan kandungan lemak tinggi. Perbanyak konsumsi daging dan sayuran segar, buah serta susu yang baik untuk pertumbuhan anak. Berikan porsi cukup jangan berlebihan.
 

Biasakan sarapan dan menyiapkan bekal anak
Sarapan menjadi awal yang baik untuk anak saat memulai harinya dengan tujuan agar anak kuat saat beraktivitas di sekolah dan dapat menghindari jajanan atau makanan berlebihan. Dengan cara ini, gizi anak akan lebih terkontrol.
 

Merubah cara mengolah makanan
Jika selama ini makanan untuk sering diolah dengan digoreng, cobalah untuk merubahnya dengan merebus, mengukus atau memanggang sehingga dapat menghindari lebih banyak konsumsi lemak.
 

Tetapkan aturan makan yang benar
Anak yang makan sambil nonton TV atau bermain game berdampak pada porsi makan yang lebih banyak untuk itu biasakan untuk makan di meja makan bersama anggota keluarga yang lain.
 

Batasi kebiasaan nonton TV, main game atau komputer
Pilih dan jadwalkan kegiatan alternatif seperti bersepeda, bermain bola atau berenang sehingga anak tetap beraktivitas dan tidak malas bergerak dan upayakan agar aktivitas yang dipilih adalah aktivitas yang memang digemari anak.

Demikian cara mengatasi kegemukan pada anak. Semoga memudahkan kita untuk menerapkannya dan anak-anak yang kita sayangi tetap sehat dan menggemaskan.
.
.