Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Mengawali uraian pengertian demokrasi menurut para ahli, kita dapat memahami asal katanya. Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani demos yang berarti rakyat dan kratein bermakna pemerintah. Secara sederhana, demokrasi berarti pemerintahan oleh rakyat, dalam hal ini kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.
Sebagaimana istilah politik lainnya, demokrasi juga memiliki banyak makna turunannya. Pengertian demokrasi sederhana di atas terus berkembang, seiring perkembangan politik dan ilmu politik, sehingga muncul sejumlah pengertian demokrasi. Menurut terminologi atau istilah, berikut ini adalah pengertian demokrasi menurut para ahli:
  1. Joseph A. Schemer mengemukakan bahwa pengertian demokrasi adalah suatu perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik di mana individu-individu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan kompetitif atas suara rakyat.
  2. Sidney Hook berpendapat bahwa demokrasi merupakan bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas oleh rakyat biasa.
  3. Philippe C. Schmitter dan Terry Lynn Karl mendefinisikan demokrasi sebagai suatu sistem pemerintahan dimintai tanggung jawab atas tindakan-tindakan mereka yang telah terpilih.
Diantara beberapa pengertian tentang demokrasi, pengertian demokrasi yang dikemukakan oleh Abraham Lincoln merangkum pengertian demokrasi dalam sebuah kalimat sederhana “Democracy is government of the people by the people and for the people” yakni demokrasi adalah pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Pada masa kini, ketika jumlah penduduk semakin banyak, kita membutuhkan demokrasi perwakilan untuk memutuskan berbagai persoalan bersama. Maka dibentuklah pemerintahan dan dewan perwakilan yang dipilih oleh rakyat. Dengan demikian, lembaga-lembaga tersebut memiliki mandat dari rakyat untuk menjalankan tugas eksekutif dan legislatif. Karena dipilih dan memperoleh mandat dari rakyat, maka merekapun harus mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pemerintahan tersebut kepada rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi.

Dari beberapa pengertian demokrasi di atas maka dapat didefiniskkan demokrasi tersebut sebagai suatu keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada di tangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintahan rakyat dan kekuasaan oleh rakyat. Dalam pengertian yang lebih kompleks, demokrasi berarti suatu sistem pemerintahan yang mengabdi kepada kepentingan rakyat dengan tanpa memandang partisipasi mereka dalam kehidupan politik, sementara pengisian jabatan-jabatan publik dilakukan dengan dukungan suara rakyat dan mereka memiliki hak untuk memilih dan dipilih.

Demikian pengertian demokrasi menurut para ahli dan penjelasannya. Upaya atau proses menuju demokrasi yang ideal disederhanakan dengan istilah demokratisasi. 


.
.