Sejarah Perkembangan "Game"

Sejarah Perkembangan Game
Dalam menelusuri sejarah perkembangan game, kita tentu perlu tahu, apa sih game itu? Pada dasarnya, kata game sepadan dengan kata permainan dalam bahasa indonesia. Permainan sebagai sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan yang merupakan hasil rekayasa.

Sejumlah peneliti menemukan bahwa game sebenarnya penting untuk perkembangan otak, meningkatkan konsentrasi dan melatih dan memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut para pemainnya untuk menyelesaikan dengan cepat dan tepat. Hanya saja disisi lain, game dapat menimbulkan kecanduan bagi yang menyukainya dan berakibat pada lupa waktu dan mengganggu kegiatan atau aktivitas lain yang bisa jadi jauh lebih penting daripada sekadar bermain game. 


Oke, soal sejarah game, tahun 1947 menjadi tahun pertama munculnya game. Saat itu didesain untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube), dirancang oleh Thomas T.Goldsmith Jr. Dan Estle Ray Mann. Game ini mendapatkan hak paten pada tanggal 14 Desember 1948. Sistem yang dibuatnya terdiri dari 8 vacum tubes dan mensimulasikan peluru ditembakkan pada target, ide ini terinspirasi dari display radar yang digunakan pada perang dunia II. Beberapa knop disediakan untuk mengatur kurva dan kecepatan titik yang mewakili peluru. Karena saat itu grafik belum dapat dibuat, target digambarkan pada sebuah lapisan kemudian ditempelkan pada CRT.

Tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses atau nol dan silang, di University of Cambridge dalam mempresentasikan tesisnya menyangkut interaksi komputer dan manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang menggunakan CRT display.

Tahun 1972, pertama kali diciptakan perangkat game portable genggam oleh Waco Company. Tahun 1958 diciptakan game Tennis For Two pada osiloskop. Game ini menampikan lapangan tenis sederhana dipandang dari samping. Bola seakan dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melewati jaring. Dengan dua kontrol yang masing-masing dilengkapi knop untuk mengarahkan bola dan sebuah tombol untuk memukul bola agar melewati net atau jaring.

Tahun 1972 dirilis perangkat video game pertama untuk market rumahan, Magnavox Odyssey, dihubungkan dengan televisi. Meski tidak sukses besar, perusahaan lain dengan produk yang sama harus membayar lisensi. Tetapi, kesuksesan diraih sejak Atari meluncurkan video game ping pong tanggal 29 November 1972. Sejak itulah, video dan komputer game menjadi populer dan dikenal dalam sejarah perkembangan game di saat PC baru saja mulai dikenal oleh khalayak.

Roberta Williams seorang ibu rumah tangga menciptakan game dengan nama Mistery House, ia diyakini sebagai pencipta game petualangan pertama dengan grafis pada Apple II. Meski interface untuk input perintah masih berupa teks, ilustrasi grafik hitam putih sebuah rumah bergaya viktoria merupakan gebrakan baru di masa itu. Game ini begitu populer hingga ia mendirikan Sierra On – Line bersama suaminya dan terus memproduksi game.

Pada awal tahun 1980 - an sejarah game ditandai dengan kehadiran Nintendo, kesuksesan LCD genggam ini enciptakan banyak pengikut untuk membuat yang sama dengan mengadopsi game – game populer, awal tahun 1980 -an juga ditandai dengan hadirnya CD-ROM yang cepat populer. Di era inilah, game 3 dimensi (3D) dengan perspektif orang pertama dan multiplayer game mulai muncul. Ditambah lagi hadirnya produk sound card. pasar game komputer menjadi semakin berkembang seiring perkembangan teknologi pendukungnya.

NES (Nintendo Entertaintment System) menjadi konsole game pertama kali yang menggunakan 8 bit. Salah satu game yang compatible dengan NES ini adalah super mario bros. Setelah NES laris manis dengan super marionya lalu muncul lagi konsole game Sega Mega Drive, yang merupakan generasi game ketiga. Sega menggunakan 16 bit dan dirilis tahun 1988. Nintendo cukep terkenal dengan super mario brossnya. Di generasi keempat, Sega tak mau kalah dengan merilis game Sonic The Hedhog. Lahir pula Playstation yang merupakan game konsole terlaris dan terobosan baru di dunia game dengan menggunakan 32 bit.

Generasi kelima playstation (PS) kian gencar melakukan produksi lainnya yang lebih mutakhir dengan keluarnya PS2. Persaingan bukan semakin surut namun makin ketat dengan banyaknya perusahaan yang memproduksi game serupa. Saingan itu diantaranya: XBox, Sega Saturn, dan Dreamcast. PS hingga saat ini terus mengem bangkan sistemnya dengan mengeluarkan PS3, Xbox juga mengeluarkan XBOX 360, lalu nintendo juga merilis WII. 


Demikian sejarah perkembangan game dari sejak tahun 1947 hingga saat ini. Hayoo.. sekarang sudah punya game apa?

.
.