Contoh Kata Pengantar dalam Bahasa Inggris untuk Skripsi, Tesis, dan Makalah

Dalam karya tulis akademik berbahasa Inggris, bagian kata pengantar biasanya dikenal dengan istilah Preface atau Acknowledgement. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda sehingga penggunaannya perlu disesuaikan dengan jenis dan tujuan dokumen.

Artikel ini menyajikan contoh kata pengantar dalam bahasa Inggris yang dapat digunakan sebagai referensi untuk skripsi, tesis, makalah, laporan, dan berbagai karya akademik lainnya. Selain contoh, artikel ini juga membahas struktur, perbedaan Preface dan Acknowledgement, kosakata yang umum digunakan, serta template yang dapat disesuaikan.

Kata Pengantar dalam Bahasa Inggris Disebut Apa?

Istilah yang digunakan untuk kata pengantar dalam bahasa Inggris bergantung pada isi dan konteksnya. Dua istilah yang paling umum adalah Preface dan Acknowledgement.

Istilah Penggunaan
Preface Digunakan untuk memberikan pengantar mengenai karya, latar belakang, tujuan, atau proses penyusunan dokumen.
Acknowledgement Digunakan terutama untuk menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu.

Perbedaan Preface dan Acknowledgement

Preface lebih berfokus pada karya atau dokumen itu sendiri. Penulis dapat menjelaskan alasan karya dibuat, tujuan penulisan, atau gambaran singkat mengenai proses penyusunannya.

Sementara itu, Acknowledgement lebih berfokus pada ucapan terima kasih kepada dosen, pembimbing, keluarga, teman, institusi, atau pihak lain yang memberikan bantuan selama penyusunan karya.

Dalam beberapa karya akademik, kedua bagian tersebut dapat digunakan secara terpisah sesuai dengan pedoman institusi.

Struktur Kata Pengantar Bahasa Inggris

Secara umum, sebuah kata pengantar berbahasa Inggris dapat terdiri atas:

  1. Opening atau pembukaan.
  2. Purpose atau tujuan penyusunan.
  3. Brief description atau gambaran singkat mengenai karya.
  4. Acknowledgement atau ucapan terima kasih.
  5. Closing atau penutup.
  6. Place, date, and author's name atau tempat, tanggal, dan nama penulis.

Contoh Preface untuk Skripsi

PREFACE

First of all, I would like to express my gratitude to God Almighty for His blessings and guidance, which have enabled me to complete this thesis entitled “[Title of the Thesis]”.

This thesis was prepared as one of the requirements for completing my studies in [Study Program] at [University Name]. The study focuses on [brief description of the research topic].

I would like to express my sincere appreciation to my supervisor, lecturers, family, friends, and all those who have provided valuable assistance and support throughout the research and writing process.

I realize that this thesis may still have limitations. Therefore, constructive comments and suggestions are greatly appreciated for future improvement.

Finally, I hope that this thesis will be useful for readers and may contribute to a better understanding of [research topic].

[City], [Date]
The Author

Contoh Acknowledgement untuk Skripsi

ACKNOWLEDGEMENT

First of all, I would like to express my deepest gratitude to God Almighty for His blessings and guidance throughout the completion of this thesis.

I would like to express my sincere gratitude to my supervisor, [Supervisor's Name], for the valuable guidance, suggestions, and support provided throughout the research process.

My sincere appreciation also goes to all lecturers, my family, friends, and everyone who has supported me during the completion of this thesis.

I realize that this thesis is far from perfect. Therefore, constructive criticism and suggestions are highly appreciated.

Finally, I hope that this thesis will be useful and beneficial to everyone who reads it.

Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris untuk Tesis

PREFACE

This thesis was written as part of the requirements for completing the [Master's Degree/Program Name] at [University Name].

The research examines [research topic] and aims to provide a better understanding of [research focus].

The completion of this thesis would not have been possible without the assistance and support of many people. I would therefore like to express my sincere appreciation to my supervisor, lecturers, colleagues, family, and friends for their valuable support.

I sincerely hope that the findings presented in this thesis will be useful for researchers, academics, and readers interested in this field.

[City], [Date]
The Author

Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris untuk Makalah

PREFACE

Praise and gratitude are expressed to God Almighty for His blessings, which have enabled the writer to complete this paper entitled “[Paper Title]”.

This paper was prepared to fulfill an academic assignment and to provide additional information about [topic].

The writer would like to thank the lecturer, classmates, and everyone who has provided assistance and support during the preparation of this paper.

The writer realizes that this paper still has several shortcomings. Therefore, constructive criticism and suggestions are highly appreciated.

Hopefully, this paper will be useful for readers and provide additional knowledge about the topic discussed.

Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris untuk Laporan

PREFACE

This report was prepared to provide information about [activity/research/project].

The completion of this report involved the assistance and support of various individuals. Therefore, I would like to express my sincere appreciation to everyone who contributed to the completion of this report.

I realize that this report may still contain shortcomings. Any constructive comments and suggestions are welcome for future improvement.

I hope this report will provide useful information for readers.

Template Kata Pengantar Bahasa Inggris

Template berikut dapat disesuaikan untuk berbagai jenis karya akademik.

PREFACE

First of all, I would like to express my gratitude to [God/appropriate opening] for [blessings/guidance] that enabled me to complete [name of work] entitled “[Title]”.

This work was prepared to [purpose of writing] and focuses on [topic].

I would like to express my sincere appreciation to [supervisor/lecturer/family/friends/institution] for their valuable assistance and support.

I realize that this work still has limitations. Therefore, constructive criticism and suggestions are greatly appreciated.

Finally, I hope that this work will be useful and beneficial to readers.

[City], [Date]
The Author

Frasa Bahasa Inggris yang Sering Digunakan

  • First of all, I would like to express my gratitude...
  • I would like to express my sincere appreciation...
  • I would like to thank...
  • This work was prepared to...
  • This thesis was written as part of...
  • I realize that this work still has limitations...
  • Constructive comments and suggestions are highly appreciated.
  • I hope that this work will be useful...

Tips Menulis Kata Pengantar dalam Bahasa Inggris

  • Sesuaikan istilah dengan jenis dokumen yang dibuat.
  • Gunakan bahasa akademik yang sederhana dan jelas.
  • Perhatikan tata bahasa dan konsistensi penggunaan tense.
  • Gunakan nama dan jabatan pihak yang diberi ucapan terima kasih secara tepat.
  • Jangan menerjemahkan kata pengantar bahasa Indonesia secara harfiah jika hasilnya terdengar tidak natural.
  • Periksa kembali ejaan, tanda baca, dan penggunaan huruf kapital.
  • Ikuti pedoman penulisan dari sekolah, universitas, atau institusi jika tersedia.

Kesalahan yang Sering Terjadi

  • Menggunakan Preface dan Acknowledgement tanpa memahami perbedaannya.
  • Menerjemahkan setiap kalimat bahasa Indonesia secara kata per kata.
  • Menggunakan struktur kalimat yang terlalu panjang.
  • Mencampurkan gaya bahasa formal dan informal.
  • Tidak menyesuaikan contoh dengan jenis karya yang dibuat.
  • Mengabaikan pedoman penulisan dari institusi.

Jika Membutuhkan Versi Bahasa Indonesia

Jika yang Anda perlukan adalah contoh kata pengantar untuk karya tulis ilmiah secara umum dalam bahasa Indonesia, Anda dapat membaca contoh kata pengantar karya tulis ilmiah yang dilengkapi struktur, contoh, dan template.

Contoh Lain yang Berkaitan

Untuk kebutuhan makalah, Anda juga dapat melihat contoh kata pengantar makalah .

Sementara untuk dokumen yang berkaitan dengan proposal penelitian atau skripsi, Anda dapat membaca contoh kata pengantar proposal skripsi .

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa bahasa Inggris dari kata pengantar?

Kata pengantar dapat diterjemahkan menjadi Preface, sedangkan bagian ucapan terima kasih dalam karya akademik umumnya disebut Acknowledgement. Penggunaan istilah bergantung pada isi dan pedoman dokumen.

Apakah Preface sama dengan Acknowledgement?

Tidak selalu. Preface umumnya memberikan pengantar mengenai karya, sedangkan Acknowledgement lebih berfokus pada penghargaan atau ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu.

Apakah contoh ini dapat digunakan untuk skripsi?

Ya. Contoh dapat dijadikan referensi, tetapi sebaiknya disesuaikan dengan judul penelitian, program studi, universitas, pembimbing, serta pedoman penulisan yang berlaku.

Apakah kata pengantar harus menggunakan bahasa yang sangat formal?

Untuk karya akademik, bahasa yang digunakan sebaiknya formal, jelas, sopan, dan konsisten. Namun, kalimat tidak harus dibuat terlalu rumit.

Kesimpulan

Contoh kata pengantar dalam bahasa Inggris dapat membantu penulis menyiapkan bagian awal skripsi, tesis, makalah, atau laporan dengan struktur yang lebih tepat. Istilah Preface dan Acknowledgement memiliki fungsi yang berbeda sehingga sebaiknya digunakan sesuai konteks.

Gunakan contoh sebagai referensi, kemudian sesuaikan judul, tujuan, pihak-pihak yang diberi ucapan terima kasih, serta informasi lainnya dengan dokumen yang sebenarnya. Jika institusi memiliki pedoman khusus, pedoman tersebut tetap menjadi acuan utama.

Artikel Terkait

wdcfawqafwef