Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru

Contoh Kata Pengantar Makalah – Dalam suatu karya ilmiah seperti makalah, proposal, skripsi, thesis, disertasi atau karya ilmiah lainnya, keberadaan kata pengantar menjadi bagian penting karena gambaran awal menyangkut pokok pembahasan suatu karya ilmiah dapat diketahui melalui kata pengantar. Dalam hal ini, semakin baik suatu kata pengantar maka akan semakin mudah bagi para pembaca dalam memahami esensi suatu karya tulis.

Oleh karena itu, dalam membuat kata pengantar, ada beberapa hal penting yang diperhatikan sebagai unsur-unsur penting yang sebaiknya ada dalam suatu uraian kata pengantar. Hal-hal tersebut yakni :
    Contoh Kata Pengantar Makalah Terbaru
  • Menggunakan kata kata sesuai ejaan yang baik dan benar serta familiar sehingga mudah dipahami oleh pembaca
  • Membuka dengan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Mendeskripsikan secara singkat dan padat pokok bahasan atau judul makalahnya
  • Mendeskripsikan secara singkat pelaksanaan penulisan makalah
  • Menjelaskan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari berbagai pihak, organisasi atau lembaga tertentu yang berkontribusi terhadap penyusunan makalah
  • Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak terkait
  • Harapan penulis serta manfaat atas karya ilmiah tersebut
  • Kesediaan penulis untuk menerima kritik dan saran yang konstruktif
  • Di akhir kata pengantar ada penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis
Berikut ini kami berikan tiga contoh kata pengantar makalah. Pengembangan bahasa dan judul makalah perlu disesuaikan karena ketiga contoh kata pengantar makalah berikut hanya sebagai pola dasar saja.

Contoh Kata Pengantar Makalah Sosiologi

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dengan baik serta tepat pada waktunya.

Makalah ini membahas judul "memaknai hubungan sosiologi" yang dibuat dengan melakukan sejumlah observasi dan adanya bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memudahkan kami menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, kami haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.

Kami menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan mendasar dalam makalah ini. Oleh karena itu kami mengundang pembaca untuk memberikan saran maupun kritik yang sifatnya membangun demi penyempurnaan makalah selanjutnya.

Akhir kata, semoga makalah ini dapat memberikan sumbangsih yang bermanfaat bagi kita sekalian. Amiin

                                                                                                               Bandung,   Januari 2014
 
                                                                                                                             Penulis




                                                              KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Puja dan Puji syukur kami panjatkan kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan Rahmat, Hidayah, dan Inayah-Nya sehingga kami dapat merampungkan penyusunan makalah ilmiah biologi dengan judul "masalah limbah dan pemanfaatannya bagi manusia" tepat pada waktunya.

Adapun penulisan makalah ini telah semaksimal mungkin kami usahakan dan didukung bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar dalam penyusunannya. Untuk itu tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini.

Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih terdapat kekurangan baik dari segi penyusunan bahasa dan aspek lainnya. Oleh karena itu, dengan lapang dada kami membuka selebar-lebarnya pintu bagi para pembaca yang ingin memberi saran maupun kritik demi memperbaiki makalah ini.

Akhirnya penyusun sangat mengharapkan semoga dari makalah ilmiah biologi tentang limbah dan pemanfaatannya ini dapat diambil manfaatnya dan besar keinginan kami makalah sederhana ini dapat menginspirasi para pembaca untuk mengangkat permasalah lain yang berkaitan pada makalah-makalah selanjutnya.

                                                                                                                    Bandung, Januari 2014

                                                                                                                               Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama Islam


KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur hanya milik Allah SWT, berkat limpahan dan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan tugas makalah ini guna memenuhi tugas mata kuliah Agama Islam. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada teladan kita Rasulullah SAW.

Agama sebagai suatu sistem kepercayaan dalam kehidupan manusia dapat dikaji dari berbagai sudut pandang. Islam sebagai agama yang sudah berkembang hingga empat belas abad lebih menyimpan cukup banyak hal yang perlu dikaji, baik itu menyangkut aspek ajaran dan pemikiran keagamaan maupun realitas ekonomi, sosial, politik dan budaya.

Dalam penyusunan makalah ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi.

Makalah ini disusun sesuai dengan pengamatan dari berbagai sumber informasi, referensi, dan berita. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Semoga makalah ini dapat memperluas wawasan para pembaca dan menjadi sumbangan pemikiran untuk pengkajian selanjutnya. Kekurangan di sana sini dalam penulisan makalah ini sangat kami sadari. Untuk itu, kepada dosen pembimbing mata kuliah ini, kami meminta masukan perbaikan termasuk saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan pembahasannya.

                                                                                                                   Surabaya,   Januari 2014

                                                                                                                               Penyusun

Demikian, 3 contoh kata pengantar makalah yang dapat kami bagikan pada posting kali ini. Untuk melihat salah contoh makalah utuh dapat di baca di contoh makalah perbankan syariah atau di makalah tentang bank syariah. Semoga bermanfaat.