Makanan untuk Mencegah & Mengobati Penyakit Arteri Koroner


Makanan untuk Mencegah & Mengobati Penyakit Arteri Koroner
Sebelum merinci sejumlah nutrisi atau makanan untuk mencegah dan mengobati penyakit arteri koroner. Pertanyaan pertama, Apa itu penyakit arteri koroner? Pembuluh darah yang membawa darah ke jantung disebut arteri koroner. Pembuluh tersebut seperti tabung sempit. Zat lemak yang disebut plak dapat terbentuk di arteri ini dan membuatnya menjadi lebih sempit, sehingga sedikit darah masuk ke jantung. Jika Anda memiliki penyakit arteri koroner, jantung Anda tidak mendapatkan darah dan oksigen yang dibutuhkan untuk bekerja sebagaimana normalnya. Penyakit arteri koroner dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk angina (nyeri atau tekanan di dada) dan serangan jantung.


Beberapa hal meningkatkan risiko penyakit arteri koroner, termasuk hipertensi, merokok, diabetes, obesitas, menjadi pria, riwayat penyakit keluarga dan tingkat kolesterol tinggi. Meskipun Anda tidak dapat mengubah semua hal yang meningkatkan risiko penyakit arteri koroner, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol Anda dengan melakukan perubahan pada makanan Anda, dan Anda dapat berhenti merokok. jika anda merokok sekarang).

Apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah zat yang ada di kita semua. Tubuh kita membuat kolesterol. Ini juga hadir dalam makanan daging dan susu. Makanan tanaman tidak mengandung kolesterol. Ada beberapa jenis kolesterol, termasuk low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol LDL disebut kolesterol "buruk" karena bisa terbentuk di bagian dalam arteri Anda, menyebabkannya menjadi sempit. HDL disebut kolesterol "baik" karena melindungi arteri Anda dari penumpukan plak.

Bagaimana menurunkan kolesterol LDL dapat membantu?

Menurunkan kadar kolesterol LDL Anda akan membantu menjaga agar plak tidak terbentuk di arteri Anda. Hal ini mempermudah hati Anda untuk mendapatkan darah dan nutrisi yang dibutuhkannya.

Jika Anda sudah memiliki penyakit arteri koroner, dokter Anda mungkin ingin menurunkan tingkat LDL Anda setidaknya 30 sampai 35 persen melalui diet, olahraga dan kemungkinan obat-obatan. Cara lain untuk membantu adalah dengan meningkatkan tingkat HDL Anda. Jika Anda dapat mengurangi tingkat LDL Anda menjadi kurang dari 130 dan meningkatkan tingkat HDL Anda menjadi minimal 50, Anda berada di jalur yang benar.

Makanan apa yang harus saya tambahkan ke makanan saya untuk mencegah penyakit arteri koroner?

 
Saat mencoba menurunkan kolesterol LDL Anda, Anda ingin menambahkan makanan yang rendah kolesterol dan lemak jenuh, karena tubuh Anda mengubah lemak jenuh menjadi kolesterol. Untuk melakukan ini, tambahkan makanan yang mengandung serat larut tinggi. Selain itu, ada banyak cara untuk menambahkan makanan sehat ke makanan Anda. Ikuti tip dan pedoman ukuran porsi di bawah ini:
  • Mulailah hari Anda dengan benar. Miliki beberapa jenis gandum (seperti roti whole grain atau sereal gandum) dan buah untuk sarapan pagi. Pikirkan biji-bijian dan sayuran sebagai hidangan utama Anda saat makan siang dan makan malam. Jika Anda menyajikan daging atau unggas sebagai hidangan utama, tambahkan salad atau sayuran ke piring.
  • Tambahkan kacang ke salad berdaun, salad pasta dan kacang polong stew-chick, kacang merah dan kacang navy telah terbukti mengurangi kadar kolesterol LDL.
  • Minum susu bebas lemak atau 1 persen susu, bukan susu utuh atau 2 persen susu. Carilah yogurt dan keju rendah lemak juga.
  • Cobalah produk kedelai. Kedelai telah berlangsung lama dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, Anda bisa menemukan produk kedelai di banyak toko kelontong dan toko makanan kesehatan. Cobalah burger kedelai-kedelai, pepperoni kedelai, tahu atau susu kedelai.
  • Sajikan buah mentah atau dimasak dengan yogurt rendah lemak untuk pencuci mulut.
  • Makan hanya sedikit minyak. Jika Anda ingin menggunakan minyak untuk memasak, cobalah minyak zaitun atau minyak canola, bukan minyak yang memiliki lemak tak jenuh ganda, seperti minyak jagung, minyak kacang dan banyak margarin. Minyak zaitun dan minyak canola tinggi lemak tak jenuh tunggal, yang menurunkan LDL dan kadar kolesterol total.
  • Makan hanya sedikit permen.
  • Makan satu sampai dua porsi ikan atau seafood setiap minggu jika Anda memiliki penyakit arteri koroner. Orang dengan penyakit arteri koroner tampaknya mendapat manfaat dari makan ikan dan makanan laut.
  • Masak dengan bawang putih. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih mengurangi kolesterol LDL dan menurunkan tekanan darah.
  • Makan kacang dalam jumlah sedang yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal, seperti hazelnut, kacang almond, kemiri, kacang mete, kenari dan kacang macadamia. Kacang ini telah terbukti memperbaiki kadar kolesterol. Hindari makan kacang dengan segenggam. Sebagai gantinya, hiasi makanan dengan satu sendok makan kacang cincang per orang.
Apa lagi yang bisa saya lakukan jika saya terkena penyakit arteri koroner?


Selain mengubah diet Anda, Anda harus berbicara dengan dokter tentang program latihan yang tepat untuk Anda. Jika Anda merokok, berhenti merokok. Jika Anda kelebihan berat badan, usahakan menurunkan berat badan (mengubah diet dan berolahraga akan membantu menurunkan berat badan). Bicarakan dengan dokter Anda tentang mengurangi faktor risiko lainnya, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes.

Bagaimana jika mengubah diet saya tidak membantu?

Tubuh Anda akan membutuhkan waktu untuk merespons perubahan diet Anda. Dokter akan melihat kemajuan Anda. Jika kadar kolesterol Anda tidak membaik setelah dua sampai enam bulan, dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk menurunkan kolesterol Anda. Namun, Anda masih perlu makan makanan sehat untuk membantu kerja obat. Sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:
Artikel ini kami share kepada para pembaca dari American Academy of Family Physicians. Informasi terkait kesehatan lainnya tersedia online di situs www. familydoctor.org. Informasi ini memberikan gambaran umum dan mungkin tidak berlaku untuk semua orang dalam hal mencegah dan mengobati penyakit arteri koroner. Bicaralah dengan dokter keluarga Anda untuk mengetahui apakah informasi ini berlaku untuk Anda dan untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang masalah ini.