Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia


Di bawah ini ada beberapa contoh kata pengantar makalah bahasa Indonesia. Sekadar pembanding dan contoh umum penulisan kata pengantar makalah untuk dikembangkan serta disesuaikan dengan topik atau tema makalah yang diangkat. Jika tidak punya waktu merubah redaksinya, cukup dengan mengganti judul makalahnya maka kata pengantarnya dapat langsung digunakan untuk melengkapi tugas penyusunan makalah dari guru atau dosen di lembaga pendidikan masing-masing.

Contoh kata pengantar makalah bahasa Indonesia (1)

                                                 KATA PENGANTAR

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita masih tetap bisa menikmati indahnya alam ciptaan-Nya. Sholawat dan salam tetaplah kita curahkan kepada baginda Habibillah Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus berupa ajaran agama yang sempunya dengan bahasa yang sangat indah.

contoh kata pengantar makalah bahasa Indonesia 
Penulis disini akhirnya dapat merasa sangat bersyukur karena telah menyelesaikan makalah yang kami berjudul perkembangan bahasa Indonesia sebagai tugas mata kuliah Bahasa Indonesia. Dalam makalah ini kami mencoba untuk menjelaskan tentang perkembangan bahasa Indonesia yang kami mulai dari sumber bahasa Indonesia, proses pemberian nama bahasa Indonesia, pertistiwa- peristiwa penting yang berkaian dengan bahasa Indonesia serta mengapa bahasa melayu yang dipilih sebagai sumber bahasa Indonesia.

Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya makalah ini. Dan penulis memahami jika makalah ini tentu jauh dari kesempurnaan maka kritik dan saran sangat kami butuhkan guna memperbaiki karya-karya kami di waktu-waktu mendatang.

                                                                                        Kendari, Juli 2015

                                                                                                 Penulis

Contoh kata pengantar makalah bahasa Indonesia (2)

                                               KATA PENGANTAR

Alhamdulillah. Puji syukur hanya milik Allah SWT. Hanya karena izin-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Tak lupa kami kirimkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh insan yang dikehendaki-Nya.

Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Kapita Selekta Bahasa Indonesia yang kami berjudul Tata Kalimat Bahasa Indonesia (Sintaksis).

Dalam makalah ini kami menguraikan mengenai pengertian sintaksis, serta struktur internal kalimat yang terdiri dari frase, klausa, dan kalimat.

Dalam penyelesaian makalah ini, kami mendapatkan bantuan serta bimbingan dari beberapa pihak. Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika kami mengucapkan terima kasih kepada.

  1. DR. Praja Iswara, S.Pd. M.Pd., selaku dosen mata kuliah Kapita Selekta Bahasa Indonesia.
  2. Orang tua kami yang banyak memberikan semangat dan bantuan, baik moril maupun materil.
  3. Semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini.
Kami cukup menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Karena itu kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan makalah mendatang. Harapan kami semoga makalah ini bermanfaat dan memenuhi harapan berbagai pihak. Amiin.

                                                                                 Malang,  September 2015

                                                                                               Penyusun

Contoh kata pengantar makalah bahasa Indonesia (3)

                                                    KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Puja dan Puji syukur kami panjatkan kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan Rahmat, Hidayah, dan Inayah-Nya sehingga kami dapat merampungkan penyusunan makalah ilmiah bahasa indonesia dengan judul "Permasalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Yang Benar" tepat pada waktunya.

Penulisan makalah ini telah semaksimal mungkin kami upayakan dan didukung bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar dalam penyusunannya. Untuk itu tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini.

Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih terdapat kekurangan baik dari segi penyusunan bahasa dan aspek lainnya. Oleh karena itu, dengan lapang dada kami membuka selebar-lebarnya pintu bagi para pembaca yang ingin memberi saran maupun kritik demi memperbaiki makalah ini.

Akhirnya penyusun sangat mengharapkan semoga dari makalah sederhana ini dapat diambil manfaatnya dan besar keinginan kami dapat menginspirasi para pembaca untuk mengangkat permasalah lain yang berkaitan pada makalah-makalah selanjutnya.

                                                                               Bandung, Januari 2015

                                                                                         Penyusun

Demikian tiga contoh kata pengantar makalah bahasa Indonesia yang dapat admin share pada postingan kali ini. Baca pula penjelasan unsur-unsur yang mesti ada dalam suatu kata pengantar pada artikel contoh kata pengantar makalah terbaru.